ALUR PENGAJUAN PERMOHONAN IZIN BELAJAR

BAGI PNS DI KABUPATEN TEGAL

 

Dasar : Peraturan Bupati Tegal Nomor 62 Tahun 2016 tentang Izin Belajar, Penggunaan Gelar Akademik dan Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah

bagi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal

 

 

 

TAHAP 1  (OUTPUT : LEMBAR KONSULTASI)

Dengan kelengkapan berkas sebagai berikut

 

  1. Surat Persetujuan dari atasan langsung yang bersangkutan.

 

TAHAP 2  (OUTPUT : SURAT IZIN BELAJAR)

Dengan kelengkapan berkas (rangkap 1) sebagai berikut :

 

  1. Surat Permohonan Izin Belajar dari OPD yang bersangkutan dan di alamatkan Kepada Bupati Tegal Cq. Kepala BKD Kabupaten Tegal;
  2. Surat permohonan dari yang bersangkutan secara hierarkis;
  3. Lembar konsultasi (dari BKD);
  4. Surat pernyataan tidak sedang menjalani hukuman disiplin dari Kepala OPD yang bersangkutan;
  5. Rekomendasi Izin Belajar  yang ditandatangani oleh Kepala OPD;
  6. Uraian Tugas yang ditandatangani oleh Kepala OPD;
  7. Fotocopy Ijazah terakhir dan transkip nilai (legalisir);
  8. Fotocopy penilaian prestasi kerja 1 (satu) tahun terakhir (legalisir);
  9. Fotocopy SK CPNS, SK PNS, SK Pangkat Terakhir dan SK Jabatan Terakhir (legalisir);
  10. Fotocopy Keterangan Akreditasi dari BAN-PT (Program studi akreditasi minimal B);
  11. Surat Keterangan dari perguruan tinggi yang menyatakan bahwa proses perkuliahan  “Bukan Kelas Jauh” atau “Kelas Jarak Jauh” (Kecuali Universitas Terbuka);
  12. Jadwal perkuliahan yang mencantumkan hari, tanggal, matakuliah, dosen dan tempat perkuliahan;
  13. Fotocopy Bukti Pembayaran Pendaftaran ke Lembaga Pendidikan yang dituju;
  14. Form biodata usulan izin belajar.

 

 

 

PENGGUNAAN GELAR AKADEMIK

 

Dasar : Peraturan Bupati Tegal Nomor 62 Tahun 2016 tentang Izin Belajar

 Penggunaan Gelar Akademik dan Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah

bagi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal

 

 

Dengan kelengkapan berkas (rangkap 3) sebagai berikut :

Output : Surat Keterangan Penggunaan Gelar Akademik

 

  1. Surat usulan penerbitan keterangan penggunaan gelar dari OPD yang bersangkutan di alamatkan kepada Bupati Tegal Cq. Kepala BKD Kabupaten Tegal;
  2. Laporan kelulusan pendidikan oleh PNS yang bersangkutan;
  3. Surat pernyataan tidak sedang menjalani hukuman disiplin dari Kepala OPD yang bersangkutan;
  4. Fotocopy Ijazah dan Transkip Nilai (legalisir);
  5. Fotocopy Surat Izin Belajar/Surat Rekomendasi Belajar (legalisir);
  6. SK Pangkat Terakhir dan SK Jabatan Terakhir (legalisir);
  7. Form biodata penggunaan gelar akademik.

 

 

 

 

ALUR PENGAJUAN PERMOHONAN TUGAS BELAJAR BAGI PNS

DI KABUPATEN TEGAL

 

Dasar : Peraturan Bupati Tegal Nomor 63 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Tegal Nomor 11 Tahun 2009 tentang Tugas Belajar

bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal

 

 

 

 

TAHAP 1 

Konsultasi di Bidang Diklat ASN dan Penkom ASN BKD Kabupaten Tegal.

 

TAHAP 2

Pengajuan Surat Rekomendasi untuk Mengikuti Tes Seleksi Tugas Belajar

Output : Surat Rekomendasi

 

Berkas yang harus dilengkapi :

  1. Surat Pemohonan dari yang bersangkutan secara hierarkis;
  2. Surat Pengantar dari instansi yang bersangkutan (OPD) dan dialamatkan kepada Bupati Tegal Cq. Kepala BKD Kab. Tegal;
  3. Surat persetujuan dari kepala OPD untuk mengikuti tugas belajar;
  4. Uraian tugas yang ditandatangani oleh Kepala OPD;
  5. Fc. Ijazah terakhir dan transkip nilai;
  6. Penilaian Prestasi Kerja 2 Tahun terakhir;
  7. Fc. Sah SK CPNS, SK PNS, SK Pangkat Terakhir dan SK Jabatan Terkahir;
  8. Surat Penawaran Program Pendidikan dari Lembaga Penyandang dana/ Lembaga Pendidikan;
  9. Surat pernyataan tidak sedang menjalani hukuman Disiplin dari Kepala OPD.

 

TAHAP 3

Pengajuan Permohonan untuk Mengikuti Pendidikan Tugas Belajar

Output : Surat Keputusan dan Surat Perintah Tugas

 

Berkas yang harus dilengkapi :

 

  1. Surat Pengantar dari Kepala OPD bersangkutan dan dialamatkan kepada Bupati Tegal Cq. Kepala BKD Kabupaten Tegal;
  2. Surat Rekomendasi dari BKD untuk mengikuti Tugas Belajar;
  3. Surat Keterangan kelulusan (pengumuman hasil seleksi) dari lembaga pendidikan & jadwal perkuliahan;
  4. Surat pernyataan siap menyelesaikan masa studi tugas belajar tepat waktu;
  5. Surat pernyataan setelah selesai Tugas belajar siap mengabdi di Pemerintah Kabupaten Tegal.

 

TAHAP 4

Pengajuan Permohonan Selesai Tugas Belajar untuk Penempatan Kembali

Output : Surat Keputusan

 

Berkas yang harus dilengkapi :

 

  1. laporan tertulis dari yang bersangkutan perihal selesai mengikuti Tugas Belajar ;
  2. Fc. Ijazah dan Transkip nilai;
  3. Fc. SK Bupati Tegal tentang Tugas Belajar yang bersangkutan;
  4. Surat pengembalian dari Lembaga Penyandang dana/ Lembaga Pendidikan;
  5. Fc. SK Pangkat Terakhir;
  6. Hasil LA/TA/Skripsi/Tesis/Disertasi.