Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah

Dasar Hukum:

  • Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat PNS sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002;
  • Keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 12 Tahun 2002 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002.

Pengertian:

  • Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah berlaku bagi PNS yang memperoleh Surat Tanda Tamat Belajar/ Ijazah:
  • Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama atau yang setingkat dan masih berpangkat Juru Muda Tingkat I golongan ruang I/b ke bawah, dapat dinaikkan pangkatnya menjadi Juru, golongan ruang I/c;
  • Sekolah Lanjutan Tingkat Atas, Diploma I atau yang setingkat dan masih berpangkat Juru Tingkat I golongan ruang I/d ke bawah, dapat dinaikkan pangkatnya menjadi Pengatur Muda, golongan ruang II/a;
  • Sekolah Guru Pendidikan Luar Biasa atau Diploma II dan masih berpangkat Pengatur Muda golongan ruang II/a ke bawah, dapat dinaikkan pangkatnya menjadi Pengatur Muda Tingkat I, golongan ruang II/b;
  • Sarjana Muda, Akademi, atau Diploma III dan masih berpangkat Pengatur Muda Tingkat I golongan ruang II/b ke bawah, dapat dinaikkan pangkatnya menjadi Pengatur, golongan ruang II/c;
  • Sarjana (S1), Diploma IV dan masih berpangkat Pengatur Tingkat I golongan ruang II/d ke bawah, dapat dinaikkan pangkatnya menjadi Penata, golongan ruang III/a;
  • Dokter, Apoteker, Magister (S2) atau Ijazah lain yang setara, dan masih berpangkat Penata Muda golongan ruang III/a ke bawah, dapat dinaikkan pangkatnya menjadi Penata Muda Tingkat I, golongan ruang III/b; dan
  • Doktor (S3), dan masih berpangkat Penata Muda Tingkat I golongan ruang III/b ke bawah, dapat dinaikkan pangkatnya menjadi Penata, golongan ruang III/c.
  • Ijazah sebagaimana dimaksud tersebut di atas adalah ijazah yang diperoleh dari sekolah atau perguruan tinggi negeri dan/atau ijazah yang diperoleh dari sekolah atau perguruan tinggi swasta yang telah terakreditasi dan/atau telah mendapat izin penyelenggaraan dari Menteri yang bertanggungjawab di bidang pendidikan nasional atau pejabat lain yang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku berwenang menyelenggarakan pendidikan.
  • Ijazah yang diperoleh dari sekolah atau perguruan tinggi di luar negeri hanya dapat dihargai apablia telah diakui dan ditetapkan sederajat dengan ijazah dari sekolah atau perguruan tinggi negeri yang ditetapkan oleh Menteri yang bertanggungjawab di bidang pendidikan nasional atau pejabat lain yang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku berwenang menyelenggarakan pendidikan.
  • Kenaikan pangkat sebagaimana tersebut di atas dapat dipertimbangkan setelah Memenuhi Syarat (MS) sbb:
  • Diangkat dalam jabatan/diberi tugas yang memerlukan pengetahuan/keahlian yang bersesuaian dengan ijazah yang diperoleh;
  • Sekurang-kurangnya telah 1 (satu) tahun dalam pangkat terakhir;
  • Setiap unsur penilaian prestasi kerja sekurang-kurangnya bernilai baik dalam 1 (satu) tahun terakhir;
  • Memenuhi jumlah angka kredit yang ditentukan bagi yang menduduki jabatan fungsional tertentu; dan
  • Lulus Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah;
  • Diusulkan oleh Pimpinan instansi.
  • Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah dibagi dalam:
    • Ujian Penyesuaian KP Tingkat I  :  bagi PNS yang memiliki ijazah SLTP , SLTA, Diploma I (D I) ;
    • Ujian Penyesuaian KP Tingkat II :  bagi PNS yang memiliki ijazah Diploma II (D II) dan  Diploma III (D III) ;
    • Ujian Penyesuaian KP Tingkat III:  bagi PNS yang memiliki ijazah Sarjana (S1);
    • Ujian Penyesuaian KP Tingkat IV:  bagi PNS yang memilki ijazah Magister (S2) dan Doktor (S3).
Persyaratan:
  • Fotocopy Ijazah yang dilegalisir;
  • Fotocopy Surat Izin Belajar dan Izin Penggunaan Gelar (Ijazah yang diperoleh setelah menjadi PNS) dilegalisir;
  • Surat Keterangan dari Pimpinan Unit Kerja (untuk Ijazah yang diperoleh sebelum menjadi CPNS);
  • Fotocopy SK Pangkat terakhir (dilegalisir);
  • Fotocopy SK Pengangkatan sebagai CPNS (dilegalisir);
  • Pas Photo hitam putih ukuran 3 X 4 sebanyak 3 (tiga) lembar;

Prosedur:

  • Surat pemberitahuan penyelenggaraan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah diolah oleh Subbid Diklat Penjenjangan Bidang Diklat pada Badan Kepegawaian Daerah Kab. Tegal secara hierarki yang ditandatangani oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah atau Sekretaris Daerah, setelah menerima surat dari Pemerintah Provinsi perihal Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah;
  • Surat pemberitahuan tersebut diedarkan ke seluruh instansi / Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kab. Tegal;
  • Mendasarkan surat tersebut, masing-masing Pimpinan instansi / SKPD mengusulkan PNS di lingkungan instansinya  untuk diikutsertakan dalam Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah;
  • Bidang Pengembangan dan Kesejahteraan Pegawai BKD melakukan verifikasi data atas usulan dari SKPD. Usulan yang memenuhi persyaratan ditindaklanjuti dengan mengusulkan ke Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah. Usulan dan berkas yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) diterbitkan Kartu Tanda Peserta Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah sesuai dengan tingkatannya. Bagi calon peserta yang memperoleh Kartu Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah berhak mengikuti ujian sesuai jadwal yang ditentukan oleh Tim Penguji Pemerintah Provinsi.
  • Materi yang diujikan dalam Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah: Pengetahuan Umum, Pengetahuan Substansi , Bahasa Inggris dan Wawancara.
  • Bagi peserta yang dinyatakan Lulus Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah ditetapkan dengan Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah. Bukti kelulusan ini diwujudkan dalam bentuk Sertifikat Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah.