Dasar hukum

Mendasari Permenpan RB nomor 77 Tahun 2012 tentang Jabatan Fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa, telah ditetapkan jabatan fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa, dengan maksud, guna mewadahi kegiatan Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melaksanakan kegiatan perencanaan pengadaan, pemilihan penyedia, manajemen kontrak, dan manajemen informasi aset.

Adapun tugas pokok Pengelola Pengadaan Barang/Jasa adalah melaksanakan kegiatan perencanaan pengadaan, pemilihan penyedia, manajemen kontrak dan manajemen informasi aset. Masing-masing tugas tersebut dibagi lagi menjadi beberapa kegiatan. Kegiatan-kegiatan inilah yang akan dilaksanakan oleh pejabat fungsional pengadaan barang dan jasa.

Seiring dengan semakin bertambahnya volume paket pekerjaan pengadaan, menuntut penanganan yang cepat dan professional, peran pejabat fungsional pengadaan barang/jasa sangat menentukan dalam kelancaran pekerjaan.

Pemenuhan kebutuhan pejabat fungsional pengadaan yang belum mencukupi dibanding dengan beban kerja yang ada, sangat berdampak pada kelancaran pekerjaan.

 

Penyesuaian/Inpassing

Sejalan dengan program nasional penyesuaian/inpassing dalam jabatan fungsional sebagaimana diamanatkan oleh Permenpan RB nomor 26 Tahun 2016, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) telah menetapkan Peraturan Kepala LKPP Nomor 3 Tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penyesuaian/Inpassing Pejabat Fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa, yang merupakan aturan teknis mengatur tata cara penyesuaian/inpassing menjadi jabatan fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Hal tersebut menjadi angin segar dalam rangka pembentukan jabatan fungsional pengelola pengadaan barang/jasa, karena dengan mekanisme penyesuaian/inpassing tersebut, diberikan kemudahan menjadi pejabat fungsional.

 

Pelaksanaan sosialisasi

Hari Selasa, 24 Oktober 2017  Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kab. Tegal menyelenggarakan Sosialisasi Jabatan Fungsional Pengelola Pengadaan Barang Jasa di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal, bertempat di Aula Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tegal.

 

Narasumber dan peserta

Acara yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal, dr. Widodo Joko Mulyono, M.Kes., MM tersebut dihadiri oleh sejumlah PNS terdiri dari Anggota Kelompok Kerja Pengadaan Barang Jasa, Pelaksana yang telah lulus mengantongi sertifikat pengadaan barang jasa dan para pejabat Pengawas yang menangani urusan kepegawaian.

Setelah pembukaan dan sambutan oleh Sekretaris Daerah, dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan narasumber utama  Sukisna, SH, Analis Kepegawaian Muda pada Kantor Regional I BKN Yogyakarta, dan Rovazio Okiiza, S.Psi., M.Psi Kepala Seksi Karir Pengelola Pengadaan Direktorat Pengembangan Profesi LKPP dengan moderator Mujahidin, SH, MH, Kepala Bidang Pengembangan Karir dan Penilaian Kompetensi ASN BKD Kab. Tegal dan Drs. Khaerudin, M.Si., Kepala Bagian Layanan Pengadaan Setda Kab. Tegal.

Dalam laporannya, Kepala BKD Kabupaten Tegal menyampaikan rasa terima kasih kepada perwakilan dari Kantor Regional I BKN dan LKPP yang berkenan hadir menjadi narasumber utama dalam sosialisasi hari ini, semoga dapat memberikan pencerahan dan pemahaman yang lebih mendalam terkait pengadaan barang jasa dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal dan pengembangan karir jabatan fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa agar lebih profesional.

Beliau juga berpesan kepada peserta sosialisasi untuk mengikuti acara ini sampai selesai serta dapat mengambil hal-hal positif sehingga bermanfaat dalam pelaksanaan pekerjaan pengadaan dan pengelolaan administrasi kepegawaian pengembangan karir jabatan fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa.

Materi Sosialisasi

Materi Sosialisasi Jabatan Fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa dapat dilihat disini