Kamis dan Jum’at tanggal 12-13 Pebruari 2015 kemarin Badan Kepegawaian Daerah kembali mengadakan kegiatan yang melibatkan seluruh SKPD di lingkungan pemerintahan kabupaten Tegal, kegiatan yang diselenggarakan oleh Bidang Formasi dan Kesejahteraan Pegawai ini dikemas dalam bentuk Bimbingan Teknis dengan materi Penyususnan Perencanaan Kebutuhan Pegawai ASN Tahun 2015.

Disampaikan oleh Kepala Bidang Formasi dan Kesejahteraan Pegawai Ely Agustina, SE., dasar dari penyenggalaraan kegiatan ini yaitu: Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang ASN, Peraturan Pemerintah Nomor 97 Tahun 2000 tentang Formasi PNS sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2003, dan  Peraturan Kepala BKN Nomor 19 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Penyusunan Kebutuhan PNS. Sedangkan tujuan dari bintek ini adalah untuk memberikan bimbingan teknis kepada pengelola kepegawaian di SKPD dan UPTD Pemkab Tegal agar dapat menyusun perencanaan kebutuhan pegawai ASN di instansi mereka secara tepat dan akurat.

Bintek yang dilaksanakan di aula BKD Kabuapten Tegal selama dua hari ini diikuti oleh 138 pejabat struktural atau fungsional umum yang membidangi kepegawaian di SKPD dan UPTD di lingkungan Pemkab Tegal. Materi disampaikan oleh Bp. BADI MULYONO, S.Sos (Kabid. Perencanaan Pertimbangan Formasi ASN) dan Bp. DJOKO ANANDO, SH (Analis Kepegawaian Muda) dari BKN.

Dalam sambutan Plt. Kepala BKD Kabupaten Tegal disampaikan, dua permasalahan utama yang dihadapi oleh Pemkab Tegal saat ini adalah belum akuratnya perhitungan kebutuhan pegawai dan belum meratanya distribusi pegawai. Salah satu penyebab terjadinya masalah ini adalah karena pengelola kepegawaian belum memahami perhitungan kebutuhan pegawai sebagaimana tercantum dalam Peraturan Kepala BKN Nomor 19 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Penyusunan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) sehingga SKPD dan UPTD cenderung untuk mengatakan bahwa institusi mereka kekurangan pegawai. Keadaan ini berimbas pada banyaknya tenaga honorer non K2 di SKPD dan UPTD yang perekrutannya tidak didasarkan pada analisis kebutuhan pegawai dan analisis beban kerja yang tepat.

Tindaklanjut dari bintek tersebut adalah penyusunan perencanaan kebutuhan pegawai di masing-masing SKPD yang hasilnya harus diserahkan ke BKD Kabupaten Tegal pada tanggal 23 Pebruari 2015. Selanjutnya BKD Kabupaten Tegal akan menyusun perencanaan kebutuhan pegawai di tingkat kabupaten dan mengirimkannya ke BKN sebagai masukan bagi BKN dalam memberikan pertimbangan kepada Menteri PAN dan RB dalam menetapkan kebutuhan dan jenis jabatan PNS terkait usulan formasi 2015.

Dalam akhir sambutannya Ibu Retno Suprobowati, SH, MM, M.Kn berharap semoga acara bintek ini dapat menjadi awal dari terwujudnya pegawai Pemerintah Kabupaten Tegal yang tepat jumlah dan tepat mutu yang sesuai dengan kebutuhan organisasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Tegal.

Materi Bintek dapat di download disini