Sebanyak 46 (empat puluh enam) PNS Kabupaten Tegal pada Rabu, 25 Februari 2015 Bertempat di GOR Jatidiri Semarang telah mengikuti Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah (UKPPI) Tahun 2015 yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. 46 PNS terdiri dari 21 PNS Peserta UKPPI Tingkat I (PNS yang memiliki ijazah SLTP/SLTA/Diploma I), 24 PNS Peserta UKPPI Tingkat III (PNS yang memiliki ijazah Diploma IV/S-1) dan 1 PNS peserta UKPPI Tingkat IV (PNS yang memiliki ijazah Diploma S-2/S-3 )

Sebagaimana Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 12 Tahun 2002 tentang perubahan PP. No. 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil, disebutkan bahwa PNS yang memiliki Ijasah lebih tinggi dari pangkat terakhirnya, dapat dinaikkan pangkatnya apabila : diangkat dalam jabatan/diberi tugas yang memerlukan pengetahuan/keahlian yang sesuai dengan Ijazah yang diperoleh, sekurang-kurangnya telah 1 (satu) tahun dalam pangkat terakhir, setiap unsur penilaian prestasi kerja sekurang-kurangnya bernilai baik dalam 1 (satu) tahun terakhir, memenuhi jumlah angka kredit yang ditentukan bagi yang menduduki jabatan fungsional tertentu; dan lulus ujian penyesuaian kenaikan pangkat.

Pelaksanaan UKPPI Tahun 2015 secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah (Dr. Ir Sri Puryono K.S, MP) dengan didampingi oleh Kepala BKD Provinsi Jawa Tengah (Drs. Mohamad Arief Irwanto, M.Si). Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah menegaskan dengan UKPPI ini kedepan diharapkan kemampuan PNS dapat meningkat, sehingga siap ditempatkan pada formasi yang membutuhkan, yang pada akhirnya dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuai dengan bidang tugas masing-masing.

Peserta UKPPI tahun 2015 Provinsi Jawa Tengah diikuti oleh 1.740 terdiri dari PNS Provinsi dan PNS 31 Kab/, 1 Instansi Vertikal (Kementerian PU) serta 1 PNS dari Kab Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Terbagi dalam TK. I 573 PNS, TK. II 47 PNS, TK. III 1.105 PNS dan TK. IV 15 PNS.

Materi yang diujikan pada UKPPI tahun 2015 adalah:

No.

Materi Test

Peserta

a.

Tes Kompetensi Dasar (TKD) terdiri dari :

  1. Tes Wawasan Kebangsaan
  2. Tes Intelegensi Umum
  3. Tes Karasteristik Pribadi

Peserta Tingkat I, II, III dan IV

b.

Tes Kemampuan Bidang (TKB) terdiri dari :

  1. Pengetahuan Perkantoran
  2. Pengetahuan Kepegawaian
  3. Pengetahuan Administrasi dan Manajemen

Peserta Tingkat I, II, III dan IV

c.

Karya Tulis

Peserta Tingkat  III dan IV

d.

Presentasi/Wawancara

Peserta Tingkat IV